Thursday, September 21, 2006

Tentang masa lalu

Udah lama ngga ngomongin arsitektur nih...kangen juga. Biar gimana juga gw cinta banget ama dunia satu ini. Sebuah dunia dimana gw bisa berekspresi bebas, berpikir liar, bereksperimen dengan segenap imajinasi, selalu segar dan aktual!!
Dalam benak saya, arsitektur bukan rumah, gedung bertingkat, deretan cafe, atau interior kamar mandi. Arsitektur juga bukan teori tentang bagaimana merancang kota laik huni atau menciptakan bangunan ramah lingkungan. Menjadi arsitek juga bukan berarti bekerja merancang bangun saja, bukan pula menyusun konsep tata kota yang njlimet. Itu hanya sebagian kecil dari terjemahan arsitek. Lebih sederhana tapi lebih dalam, setidaknya menurut saya.

Menjadi seorang arsitek berarti berkomitmen menjadi sutradara!! Yup. Apapun bentuknya. Arsitek MU adalah Sir Alex, Sixth Sense begitu spektakuler karena diarsiteki Syamalan, dan Nirvana mati seiring kepergian arsiteknya: Kurt Cobain. Jadi, arsitek adalah otak dibalik segala peristiwa, seluruh penciptaan, dan curahan dari segenap (atau seganjil apapun) pemikiran. Berat juga jadi arsitek ya? Emang, siapa bilang gampang...

Ini bukan alasan gw untuk lari dari tudingan bahwa saat ini gw nggak lagi jadi 'arsitek'. Maksud orang-orang, sebagai alumni mahasiswa arsitektur, gw gak memilih perusahaan konsultan perencana atau kontraktor bangunan sebagai lahan mencari makan. Memang tidak. Namun, bukan berarti gw berhenti berarsitektur 'kan? Mungkin suatu saat nama gw bisa tercatat sebagai sutradara muda berbakat, penulis buku best-seller, atau pencipta puisi yang bisa menggugah anak muda melakukan perlawanan terhadap kemapanan. Dengan demikian, saya bisa tetap disebut arsitek 'kan??

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

emang sayang neng, ente kagak jadi arsitek. lo pasti inget dah kalo ane sering banget ngomong kayak gini. tapi ngeliat ente sekarang, buat ane ente udah berhasil meng-arsitekin diri ente untuk jadi orang sukses di masa depan.

3:51 PM  
Blogger Nuki Adiati said...

Kadang2 gw juga kangen banget Mba sama begadang di depan gambar denah, tampak, potongan, dan citraan 3D bentukan fisik. Tapi klo gw pikir gw seneng koq dengan apa yg gw jalanin sekarang. So, gak ada yg perlu disesalkan tho? Tengkyu for your support yak... I miss u sist!

8:39 AM  

Post a Comment

<< Home